Teknologi

Ups, Rupanya Silikon Inilah Bahan Utama Solar Cell


3000 watt, 5000 WattPerkembangan teknologi makin membawa manusia pada kehidupan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan kebutuhan manusia yang semakin beragam dan banyak. Perkembangan manusia inilah yang mendorong ilmu pengetahuan melampaui mimpi para pemikir terdahulu. Dunia ini semakin membutuhkan sumber daya baru demi kelanjutan peradaban manusia yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa contoh paket solar cell 3000 watt, 5000 Watt.

Meski semua makhluk hidup kelak akan mati, tetap saja anak cucu kita akan membutuhkan perkembangan manusia yang lebih baik. Berbagai hal yang sudah kita alami inilah yang akan diwariskan kepada anak cucu kita dikemudian hari. Apabila kita tidak mempersiapkan untuk masa depan mereka tentu suatu saat mereka akan kesulitan memperoleh sumber daya alam yang layak untuk dikonsumsi. Atas dasar pemikiran itulah ilmu pengetahuan kian dikembangkan demi masa depan yang lebih baik. Kenyataan inilah yang membuat para pemikir memunculkan wacana solar cell sebagai bahan utama kemajuan teknologi.

Alam memiliki cukup lahan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara luas, hanya saja bila penggunaanya tidak dikembangkan secara baik maka suatu saat pasti akan habis. Dan ternyata dalam berbagai jenis yang ada dibumi ini masih dapat dijabarkan menjadi benda lain sehingga dapat berfungsi lebih baik lagi. Sebut saja pasir silica yang merupakan bahan utama untuk membuat silicon. Lempengan silicon inilah yang merupakan bahan utama dalam pembuatan bahan solar cell.

Pemisahan pasir silica

Proses pemisahan pasir silica ini cukup rumit dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Tidak heran jika hanya negara besar saja yang dapat memproduksi benda ini dengan cukup baik. Sebut saja Amerika, Cina, Brazil, Perancis dan Norwegia pembuat silicon terbesar didunia. Proses pembuatan silicon membutuhkan daya listrik sekitar 15 Mega Watt lebih untuk dapat memproduksi dengan kualitas yang bagus. Setidaknya butuh sekitar 2100 derajat Celsius agar pasir silica dapat larut dan dapat dibentuk sesuai keinginan. Panas tersebut hanya dapat diperoleh dari pembangkit tenaga nuklir saja, sehingga sangat wajar jika Indonesia belum dapat memproduksi benda tersebut secara mandiri.

Silicon untuk solar cell

Berbagai jenis silicon yang dihasilkan tidak dapat dijadikan bahan utama pembuatan solar cell, sebab masih berubah menjadi beberapa bagian lagi. Hanya silicon dengan kadar 99,9 persen saja yang dapat dijadikan lempengan padat dengan ukuran 5 x 5 centi meter atau 10 x 10 centi meter. Memiliki keteebaran sekitar 2 mili meter sehingga sangat tipis dan cukup rapuh meski saja terlihat kuat dan berat. Jenis silicon yang digunakan untuk pembuatan solar cell sering disebut dengan wafer silicon. Hanya saja wafer silicon untuk panel surya ini berbeda bila dibandingkan untuk semikonduktor lain seperti chip, prosesor komputer atau RAM memori.

Tags: ,

0 Comments on Ups, Rupanya Silikon Inilah Bahan Utama Solar Cell

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *