Teknologi, Tips

Cara Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Rumah


Pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah sangat mudah untuk digunakan. Pemasangannya menyambungkan energi dengan cara yang sama seperti listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Karena menggunakan sistem instalasi yang sama, pemilik pembangkit listrik tenaga surya dapat menggunakan dua sumber listrik tersebut sebagai sumber listrik rumahnya.

Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya untuk rumah tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan memungkinkan untuk berpindah-pindah lokasi. Namun, perpindahan lokasi akan mengurangi umur dari pembangkit listrik tenaga surya tersebut.

Sebelum melakukan pemasangan berikut ini adalah beberapa tipsnya:

Kenali Jenis-Jenis Panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Jenis yang muncul pertama kali adalah jenis berlapis dengan menggunakan kristal tunggal. Pada jenis ini, teknologi masih terus dikembangkan secara terbatas. Walaupun begitu efisiensi dari panelnya sudah mampu mencapai 20% efisiensi.

Jenis berikutnya adalah silikon poli kristal berlapis. Lebih murah harganya, namun lebih lendah juga efisiensinya dibandingkan dengan kristal tunggal berlapis. Karena lebih terjangkau, jenis yang satu ini termasuk yang paling banyak beredar di masyarakat. Merek-merek komersial pun juga banyak memproduksi jenis ini untuk dijual secara masif.

Ketiga, jenis lapisan tipis. Jenis yang satu ini mampu menyerap energi matahari walaupun lempeng terkena bayangan. Proses pembuatannya menggunakan bahan baku silikon yang sangat sedikit. Selebihnya, jenis ini mengganti bahan bakunya dengan jenis konduktor lain. Tingkat efisiensi tertinggi dari jenis ini berhasil mencapai 19,5%.

Jenis keempat, bernama Graetzel Cell. Jenis ini dikembangkan oleh Profesor Graetzel untuk membuat lempeng tenaga surya menjadi lebih fleksibel dari sisi produksinya. Bentuknya hanya seperti lempeng dengan screen printing. Namun, model ini masih terus dikembangkan, karena waktu aktif sel masih terhitung relatif singkat.

Ketahui Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Rumah

Dengan mengetahui komponennya Anda akan lebih mudah untuk merawatnya. Biasanya untuk pemasangan di rumah, setidaknya ada 6 komponen penting yang digunakan, yaitu:

  1. Lempeng tenaga surya yang akan digunakan. Jumlah dan kekuatannya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan bahan yang telah dipilih.
  2. Mounting hardware yang digunakan untuk menempatkan lempeng. Bagian ini akan mendukung posisi lempeng untuk dapat menenima energi dengan baik. Mounting juga berfungsi untuk membuat posisi lempeng lebih tinggi daripada benda-benda lain yang ada di sekitarnya.
  3. Kabel, seperti halnya aliran listrik di rumah, tenaga surya juga mengalirkan listriknya melalui kabel.
  4. Pengaturan pengisian baterai. Pengaturan ini berfungsi untuk menyesuaikan aliran listrik yang masuk ke baterai. Agar jumlah listrik sesuai dengan kapasitas yang dimiliki oleh baterai. Tujuannya, selain menjaga umur baterai, juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat listrik yang melebihi kapasitas.
  5. Baterai, berfungsi menjadi tempat penyimpanan energi. Saat ini sudah ada baterai yang dapat menyimpan energi yang setara dengan 3 hari pemakaian tanpa diisi ulang.
  6. Inverter, bagian ini berfungsi untuk mengatur aliran listrik searah dan aliran listrik arus bolak-balik. Kedua jenis aliran listrik tersebut biasanya digunakan oleh peralatan elektronik. Dengan adanya bagian ini, listrik akan menyesuaikan kebutuhan peralatan elektronik tersebut, sehingga tidak merusaknya.
Tags: , ,

0 Comments on Cara Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Rumah

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *