Teknologi

MOOC dan platform penunjangnya


Seiring berkembangnya internet, berkembang pula industri lain. Salah satu bidang yang kemudian turut berkembang pesat adalah pendidikan. Pada tahun 2010an, muncul semangat untuk mengembangkan pendidikan lewat internet. Saat itu, muncul kursus-kursus online atau MOOC (massive open online course). Kepanjangan MOOC cukup menjelaskan apa yang menjadi ciri-ciri kursus online tersebut, yaitu masif, terbuka, dan online.

Memang MOOC pada awalnya saat populer dan satu kursusnya bisa diikuti oleh ribuan orang dari seluruh dunia dalam satu waktu yang sama. Beberapa contoh MOOC yang ada antara lain edX, Coursera, Udemy. Di Indonesia sendiri ada beberapa usaha juga untuk mengadopsi online course model edX dan menjadi IndonesiaX di Indonesia.

Tren MOOC ini pada awalnya digadang-gadang sebagai perombak sistem akademi yang ada sekarang. Keterbukaan kursus ini dianggap akan membawa revolusi di bidang pendidikan global. Karakter online dari MOOC memungkinkan peserta didik dari seluruh dunia, tidak dibatasi sekat-sekat batas negara. Namun ternyata, MOOC bukan menjadi lawan pendidikan konvensional, malahan melengkapinya.

Konsep online learning atau e-learning pada akhirnya diadopsi oleh masing-masing universitas. Fluiditas dan fleksibilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik utama metode online learning. Beberapa kritik mengungkapkan bahwa penerapan e-learning di universitas belum berjalan dengan maksimal, tapi ini merupakan tanda yang bagus dalam perkembangan pendidikan. Konsep ini kemudian dikembangkan menjadi blended learning di mana ada pembelajaran online sekaligus fisik yang dikombinasikan secara efektif.

Berkembangnya online course ini melahirkan industri baru, yaitu platform untuk menunjang online learning tersebut. Platform ini dinamakan sebagai learning management system. Online learning management system atau LMS membantu institusi untuk menerapkan online learning. Bisa terbayangkan sistem IT yang diperlukan untuk menunjang proses online learning ini. Mulai dari server yang diperlukan untuk menyimpan video, sistem jaringan untuk meneruskan konten ke masing-masing pengguna, hingga software-software tertentu. Karena konsepnya, sangat diharuskan bahwa konten online leraning ini dapat diakses dari berbagai macam device, seperti komputer hingga mobile atau ponsel pintar. Semua ini sudah menjadi bagian dari solusi LMS yang terintegrasi.

Tags:

0 Comments on MOOC dan platform penunjangnya

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *