Kesehatan

Perlukah Mengkonsumsi Herbal Pelancar ASI ?


Bagi Anda ibu menyusui yang sedang gelisah karena produksi ASI tidak lancar, tentu sedang berupaya melakukan segala cara untuk memperlancarnya. Dan salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi herbal pelancar ASI yang aman untuk dikonsumsi. Kebanyakan ibu menyusui mencari produk-produk penambah ASI alami untuk memenuhi produksi ASI yang mencukupi. Tetapi perlukah sebenarnya hal itu dilakukan? Mungkin Anda pernah berpikir demikian.

Artikel ini akan menjawab kegelisahan Anda dengan menyampaikan beberapa cara untuk memperlancar produksi ASI. Apa saja itu?

  1. Meningkatkan Frekuensi Memompa, Memeras, dan Menyusui.

Semakin sering ASI itu dipompa, maka pengeluarannya akan semakin lancar. Oleh karena itu, diharapkan ibu-ibu yang bekerja rutin memompa payudara agar produksi ASI lancar. Anda bisa juga memberikan ASI secara langsung kepada bayi ketika meminta dan menghentikannya jika dirasa sudah cukup. Yang perlu diingat, kadang bayi tidak hanya meminta ASI ketika mereka lapar, tapi bayi juga melakukan ini supaya mendapatkan kasih sayang dari sang ibu.

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Tidak lancarnya produksi ASI juga dipengaruhi oleh tingkat kestressan ibu. Mengingat hal ini, maka ibu menyusui diharapkan selalu dapat tenang dan rileks dalam menghadapi apapun. Untuk ini peran ayah juga sangat diperlukan, cinta kasih ayah juga akan mempengaruhi kelancaran produksi ASI, karena ibu yang senang dan merasa dicintai tentu lebih jernih pikiran dan hatinya.

  1. Mengkonsumsi Herbal Pelancar ASI

Untuk mendukung kelancaran ASI, ada juga beberapa makanan yang dapat memberikan efek baik produksi ASI seperti :

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon masuk ke dalam salah satu herbal pelancar ASI karena sarat akan lemak baik yakni DHA. DHA ini memiliki peranan penting dalam perkembangan otak pada anak, dan juga memperbagus mood ibu sehingga akan terhindar dari baby blues syndrome. ASI pun sebenarnya juga mengandung DHA, dan ibu dapat meningkatkannya dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung DHA seperti ikan salmon salah satunya.

  1. Blueberry

Buah-buahan tentu disarankan untuk dikonsumsi para ibu hamil ini, dan salah satu buah yang direkomendasikan untuk memperlancar ASI adalah blueberry. Blueberry kaya akan oksidan, serta mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh ibu menyusui.

  1. Beras Merah

Jika mungkin sang ibu ingin segera menurunkan berat badannya pasca melahirkan, tetapi asupan karbohidrat sangat diperlukan, beras merah bisa menjadi pilihan variasi makanan yang dikonsumsi. Anda harus tetap menjaga asupan makanan karena produksi ASI pun bergantung kepada hal ini. Kehilangan berat badan yang drastis juga bisa menurunkan produksi ASI, dan membuat sang ibu selalu lesu.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk baik untuk kesehatan ibu menyusui. Jeruk juga mudah ditemukan, sehingga jus jeruk dapat digunakan sebagai herbal pelancar ASI yang alami yang aman dikonsumsi. Mineral dan kandungan zat lain yang ada dalam buah jeruk juga dipercaya menambah nutrisi bagi ibu menyusui.

Tags:

0 Comments on Perlukah Mengkonsumsi Herbal Pelancar ASI ?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *