Kuliner

Pertimbangan Memilih Peralatan Masak HORECA


Dewasa ini banyak bisnis yang bergerak di bidang industri kuliner seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat modern memiliki tuntutan hidup yang tinggi, baik itu dari tuntutan pekerjaan maupun kehidupan sosialnya. Mengunjungi sebuah restoran atau cafe sudah bukan lagi menjadi kebutuhan untuk sekedar makan atau minum namun juga bagian dari gaya hidup masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat dan teman-teman.

Sehingga tidak heran jika bisnis di bidang industri kuliner misalnya sebagai distributor peralatan HORECA atau supplier HORECA yang kini semakin menjamur. Bisnis horeca sendiri dikenal dengan ada dua tipe yaitu dalam bentuk hospitality seperti hotel dan dalam bentuk food service seperti restoran dan katering. Semakin banyaknya orang yang membuat bisnis di bidang kuliner tentu melahirkan tantangan tersendiri. Sehingga para pelaku usaha mulai berlomba-lomba menyajikan menu yang unik, mendesain konsep yang menarik atau berbeda, serta meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya.

Maka agar dapat berhasil dalam menjalankan bisnis ini, seorang pelaku usaha harus memiliki konsep bisnis yang matang dengan menu-menu andalan yang ingin disajikan. Untuk mendukung hal tersebut maka salah satu  hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih peralatan masak horeca yang tepat. Anda dapat menemukan distributor peralatan HORECA atau supplier HORECA melalui internet sehingga lebih memudahkan Anda.

Yang membedakan peralatan masak horeca dengan peralatan masak rumah tangga, adalah fitur otomasi yang ditawarkan. Dengan fitur otomasi tersebut kualitas yang konsisten dari suatu menu akan lebih mudah tercapai, contohnya seperti fitur pengaturan suhu dan waktu pada oven listrik. Tentunya akan sangat membantu menjaga kualitas adonan yang di panggang. Pemanasan berlebihan akan membuat adonan gosong, begitu pula pemanasan yang kurang akan membuat adonan menjadi bantat.

Sehingga peralatan masak horeca banyak digunakan di industri kuliner yang sudah profesional atau besar. Beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk memilih peralatan tersebut diantaranya, pertama kita harus menentukan fungsi utama dari dapur yang akan digunakan, kedua perhatikan lokasi penempatan peralatan masak, ketiga pertimbangkan daya listrik yang dibutuhkan dan daya listrik yang tersedia, terakhir perhatikan perawatan pada peralatan yang digunakan. Keempat hal tersebut penting untuk dipertimbangkan agar pemilihan peralatan masak horeca yang digunakan menjadi tepat sasaran. Hal ini dapat Anda diskusikan dengan supplier HORECA atau distributor peralatan HORECA.

Beberapa keuntungan dari penggunaan peralatan masak ini diantaranya pertama kualitas produk yang diperoleh akan lebih terjaga karena pengaturan yang otomatis, kedua proses produksi menjadi lebih efisien karena peralatan yang otomatis sehingga waktu yang dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain sekaligus, ketiga biaya karyawan dapat ditekan karena dengan peralatan memasak yang lebih otomatis tentu akan mengurangi tenaga manusia untuk melakukan monitoring secara berkala.

Memang membeli peralatan memasak komersial membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun jika dilihat dari keuntungan yang diperoleh maka perlu dipertimbangkan kembali kebutuhan akan perangkat ini di dapur komersial anda.

Tags: , ,

0 Comments on Pertimbangan Memilih Peralatan Masak HORECA

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *